Inilah 5 Buah-buahan yang Aman Untuk Dikonsumsi Sakit Maag

 

inilah 5 buah yang baik untuk dikonsumsi sakit maag

Catatansehatmu.comSaat merasakan sakit maag, itu bisa diartikan kalau Kamu wajib menjaga pola makan setiap harinya. Bukan hanya wajib makan teratur aja ya, Kamu harus memerhatikan jenis makanannya juga ya karena itu sangat penting banget. 

Buah-buahan yang bisa dibilang merupakan makanan sehat dan baik pun ternyata nggak boleh sembarang untuk dikonsumsi loh oleh Kamu penderita maag. Lantas, apa saja sih buah-buahan yang aman dikonsumsi untuk penderita sakit Maag? 


Seputar Info Tentang Sakit Maag

Pada umumnya, sebenarnya nggak ada istilah sakit maag dalam dunia medis. Sakit maag merupakan ucapan orang awam yang bisa menggambarkan sensasi nggak nyaman banget pada bagian pencernaan, tandanya bisa dengan nyeri pada ulu hati, mau mual/muntah, suka bersendawa, dan lainnya. Hayoo bener kan tanda tanda itu?

Dalam istilah medis yang mirip dengan gambaran sakit maag adalah gastritis, merupakan suatu keadaan yang ditandai dengan adanya radang pada lapisan lambung. Hal ini dapat dilihat secara langsung dengan menggunakan alat endoskopi.


Berikutnya yang mirip adalah sindrom yang disebut dengan dispepsia. Gejala dispepsia ini bisa dibilang mirip dengan sakit maag, akan tetapi cenderung lebih luas dan umum. 

Sindrom dispepsia ini mencakup semua gejala dari sistem pencernaan dalam tubuh kita yang buruk. Nah, Hal ini juha termasuk pada gastritis, GERD, tukak lambung, batu empedu, pankreatitis, penyakit celiac, dan lainnya. Fyi apabila Kamu merasakan gangguan pencernaan seperti di sebutkan tadi dan Kamu ngga tahu secara jelas penyebabnya, maka bisa disebut dengan dispepsia fungsional ya atau dispepsia non-ulkus guys.

Sudah bisa dimengerti kan?

Oke, sekarang kita akan lanjut ke pembahasan utama ya, yakni tentang daftar buah untuk sakit maag yang aman dikonsumsi


5 Daftar Buah-buahan yang Aman Dikonsumsi Untuk Penderita Sakit Maag

Okeh guys, karena ini tuh sangat berhubungan langsung dengan sistem pencernaan, Alangkah baiknya Kamu harus benar-benar memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi setiap harinya ya, termasuk buah-buahan. Tentunya, ada juga buah-buahan yang alangkah baiknya Kamu hindari. Kamu tau sendiri kan kalau rasa sakitnya sudah kuman bikin gak nyaman apa-apa.

Intinya jangan sampai salah pilih ya, berikut ini merupakan 5 pilihan buah yang aman dikonsumsi untuk orang yang sakit maag, antara lain:

1. Pisang

Pertama ada buah pisang. Pisang yang kaya akan serat, senyawa antioksidan, pektin dan nutrisi penting lainnya yang memiliki manfaat lebh bagi kesehatan sistem pencernaan tubuh Kita, termasuk lambung. Pisang juga memiliki salah sumber kalium dan magnesium terbaik loh. Kedua mineral tersebut sangat berperan penting dalam mengendalikan tekanan darah.


2. Apel

Yang kedua ada apel. Apel juga sama seperti pisang yang mengandung pektin. Selain pektin ada juga senyawa yang dapat membantu melapisi dinding lambung sekaligus mengurangi asam lambung. Kandungan serat pada apel yang cukup tinggi dan senyawa sorbitol di dalamnya semakin menegaskan manfaat buah apel ini terhadap kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh kita.


3. Alpukat

Ketiga ada alpukat. Selain dikenal bisa mencegah cacat janin berkat memiliki kandungan asam folat dan lemak baiknya, buah alpukat pun memiliki khasiat penting lainnya bagi sistem pencernaan. Hal ini dipengaruhi oleh sifat antimikroba dan kandungan serat yang ada didalamnya. 

Bahkan nih ya, berdasarkan sejumlah penelitian yang pernah dilakukan, alpukat diketahui memiliki manfaat untuk pengobatan dan pencegahan berbagai jenis kanker loh. Mulai dari kanker usus besar, kanker pankreas, kanker perut dan kanker serviks.


4. Semangka

Berikutnya ada semangka. Sudah banyak yang faham jika semangka mengandung banyak air, serat, dan berbagai nutrisi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada lambung. Oleh sebab itu nggak heran kalau semangka bisa menjadi penyelamat utama pada saat maag kambuh.

Bukan hanya itu saja, Bagi pria yang sedang mengalami disfungsi ereksi, semangka bisa berperan sebagai "viagra alami" berkat kandungan alami seperti asam amino citrulline di dalamnya. Asam amino citrulline ini bekerja dengan cara menenangkan atau membuat rileks pembuluh darah, sehingga dapat membantu pria lebih gampang ereksi saat bercinta.

Info yang sangat menarik tuh untuk kaum Pria, hehe...


5. Pepaya

Udah yang terakhir nih, buah pepaya memiliki kandungan enzim papain dalam pepaya yang bisa memecahkan molekul protein dalam tubuh. Hal ini lebih bermanfaat dalam mengurangi penyebab atau gejala dari berbagai masalah pencernaan seperti maag, sembelit, hingga sindrom iritasi usus besar.

Bukan hanya itu, pepaya juga memiliki kandungan vitamin C serta likopen yang bisa buat kulit jadi lebih cantik dan sehat. Tanda-tanda atau indikasi penuaan dini pun tersamarkan berkat nutrisi pepaya yang melimpah ini.

Kalo ini info yang sangat menarik untuk kaum wanita.

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar untuk "Inilah 5 Buah-buahan yang Aman Untuk Dikonsumsi Sakit Maag"