5 Cara Mengobati Asam Urat Pada Kaki yang Bengkak

 

Catatan Sehatmu

Catatansehatmu.com - Serangan nyeri karena asam urat bisa menyebabkan rasa sakit dan tak nyaman pada penderitanya. Dilansir dari WebMD, kondisi saat penyakit asam urat kumat dikenal dengan artritis gout. 

Gejala yang terasa karena asam urat bisa ditandai dengan kesemutan atau jarem di bagian kaki mulai jari kaki, betis bahkan bisa sampai lutut setelah itu muncul rasa panas dan lebih parah lagi akan memerah sampai bengkak di bagian tersebut.

Terkadang rasa nyeri asam urat bisa juga menyerang pergelangan tangan, siku, pergelangan kaki, dan punggung kaki. Fokus artikel ini bahas rasa nyeri di bagian kaki yang bengkak. Harapannya semoga bisa membantu kamu untuk menghilangkan sakitnya.

Gejala asam urat yang dirasakan penderita kurang lebih berlangsung dalam hitungan hari bahkan bisa berminggu-minggu dan jika tak segera di obati besar kemungkinan akan terasa sakit sekali.

Dalam kondisi seperti itu, pasti aktivitas kamu bisa terganggu. bener gitu kan ?

Simak dan terapkan ini ya bisa jadi 5 cara mengobati asam urat pada kaki yang bengkak berikut ini cocok dengan kamu.

1. Minum Obat Pereda Rasa Sakit

Melansir dari Arthritis Health, pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan atau cara untuk mengatasi asam urat pada kaki yang bengkak adalah meminum obat-obatan pereda nyeri antipera dengan non steroid (NSAID) seperti naproxen atau ibuprofen. Tapi kamu harus hindari obat pereda rasa sakit yang memiliki kandungan asam asetilsalisilat atau obat aspirin yang dapat memperburuk gejala asam urat.

Apabila obat pereda rasa sakit yang kamu beli di apotek atau toko obat kurang mempan, balik lagi ya untuk konsumsi obat asam urat dari dokter. Karena konsumsi obat NSAID ini memiliki efek samping sakit perut dan perlu pengawasan dokter, terutama jika diminum lebih dari beberapa hari.

Penderita asam urat yang sudah mendapatkan penanganan medis biasanya diberikan resep obat untuk mengatasi serangan nyeri asam urat. Salah satu obat yang diresepkan dokter adalah jenis kortikosteroid.

Sudah ada gambaran dari cara mengobati nomer 1 ini?


2. Kompres Sendi Kaki yang Sakit Dengan Es Batu

Oke, yang kedua cara untuk menghilangkan nyeri asam urat pada kaki yang bengkak secara alami bisa dilakukan adalah kompres sendi kaki yang sakit dengan es batu. Cara ini bisa mengurangi rasa sakit secara signifikan. Rasa nyeri menghilang dan efek dari kompres dengan es batu bisa mengurangi radang pada sendi. Kamu bisa lakukan kompres es batu setiap 10 sampai 20 menit sekali untuk meringankan gejala penyakit asam urat. 


3. Mengangkat Sendi Kaki yang Terasa Sakit

Kamu pasti sudah tau dan paham kalau penyakit asam urat bisa menyebabkan rasa nyeri teramat sakit dan bengkak, apalagi kalau terjadi di tangan, pergelangan tangan, siku, lutut, betis,  kaki dan pergelangan kaki. 

Nah jika kamu sudah merasa sakit teramat karena serangan mendadak dari asam urat bisa lakukan hal ketiga ini yakni mengangkat sendi kaki yang terasa sakit gunanya untuk mengurangi bengkak di area yang sakit. Hal ini akan mendorong darah untuk menjauh dari sendi dan kembali ke jantung

Penderita asam urat juga bisa menggunakan kompres es batu dalam kombinasi dengan ketinggian untuk mengurangi gejala asam urat.


4. Minum Air Rebusan Daun Sidaguri

Udah pada tau belum kalau daun sidaguri memiliki manfaat yang bisa mengatasi asam urat? Ya, betul menurut beberapa penelitian, daun sidaguri memiliki efek anti bakteri yang dapat dapat berfungsi efektif dalam membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan asam urat.

Begini caranya untuk dapat khasiat dari daun sidaguri. Pertama kamu rebus air sampai mendidih, masukan daun sidaguri secukupnya ke dalam air yang mendidih itu, tunggu 5-10 menit setelah itu tuangkan ke dalam gelas. 

Kamu bisa melakukannya dengan rutin dan teratur ya supaya hal ini bisa berfungsi secara optimal untuk mengatasi atau meringankan penyakit asam urat pada kaki yang bengkak.

Ini kandungan dari daun sidaguri :

  • Asam amino
  • Kalsium
  • Fenol
  • Saponin
  • Oksalat
  • Tanin
  • Alkaloid
  • Lubrikan
  • Zata phlegmatic
  • Minyak atsiri

Oiyah, Kalau untuk meredakan kaki yang bengkak, kamu bisa mengoleskan tumbukan daun  sidaguri yang halus pada bagian yang bengkak.


5. Daun Bidara

Cara yang terakhir mengobati asam urat pada kaki yang bengkak bisa pakai daun bidara.

Kandungan yang terdapat di daun bidara yakni:

  • Natrium
  • Alkali
  • Kalsium
  • Keton
  • Flavonoid
  • Aldehid


Kandungan tersebut bisa menurunkan kadar purin dalam darah dan kabar baiknya Kandungan yang baik pada daun bidara tersebut mampu menyembuhkan gejala penyakit asam urat akut.

Untuk cara racikannya mudah banget, kamu bisa merebusnya dengan air yang mendidih setelah itu untuk hasil yang baik konsumsi rebusan daun bidara pada pagi, siang dan malam hari.

Kamu juga bisa kombinasikan daun bidara dengan temulawak untuk diolah menjadi obat alami yang bisa mengatasi asam urat. Cara pengolahannya yaitu dengan memadukan bahan-bahan seperti 10 gram daun bidara, 9 gram komfrey, 10 gram temulawak, 1 gram buah lada, dan 5 gelas air.

Bahan-bahan tersebut dicuci bersih lalu direbus hingga matang dan disaring. Sisa air rebusannya bisa kamu minum tiga kali sehari.

Selamat mencoba

Tidak ada komentar untuk "5 Cara Mengobati Asam Urat Pada Kaki yang Bengkak"