Inilah 11 Makanan dan 5 Minuman Pantangan Asam Urat - Catatan Sehatmu

Makanan dan minuman pantangan asam urat


catatansehatmu.com - Selamat datang kembali ….. hehehee


Oke pada kesempatan kali ini catatan sehatmu akan sharing tentang makanan dan minuman pantangan asam urat agar kamu semua yang masih merasa nyeri gara-gara asam urat akan hilang.


Ingat menjaga pola makanan dan minuman pantangan asam urat itu merupakan salah satu cara untuk mengobati penyakit asam urat dalam tubuh kita, termasuk konsumsi sayur-sayuran. Sudahkah kamu perhatikan apa yang dikonsumsi sehari-hari?


Jika kamu termasuk rentan terhadap serangan rasa sakit penyakit asam urat secara tiba-tiba, maka sebaiknya hindari penyebab utamanya, yakni makanan dan minuman tinggi purin yang menjadi makanan dan minuman pantangan asam urat.


11 MAKANAN PANTANGAN ASAM URAT


Ada sebuah hasil kajian dari Health Line, yakni makanan yang tinggi akan purin adalah makanan yang memiliki kandungan lebih dari 200 mg purin per 3,5 ons (hitungan 100 gram). Bukan hanya itu, kamu juga wajib nih untuk menghindari makanan pantangan asam urat yang memiliki tinggi akan kandungan fruktosa, trus juga makanan yang mengandung purin sedang yang 150-200 mg purin per 3,5 ons. Makanan tersebut dapat pula memicu rasa nyeri asam urat kambuh.


Berikut ini adalah beberapa makanan pantangan asam urat yang memiliki kandungan tinggi akan purin, makanan yang mengandung purin sedang, dan makanan tinggi fruktosa yang harus dihindari oleh penderita asam urat: 


  1. Jeroan atau bagian-bagian dalam tubuh hewan. yang termasuk kedalam jeroan yakni jantung, hati, limpa, usus, paru-paru, dan otak sapi maupun hewan ternak lainnya.

  2. Daging merah, seperti daging sapi, daging domba, daging kambing dan daging kerbau

  3. Daging bebek atau angsa.

  4. Ikan, yakni trout, ikan herring, tuna, mackerel, sarden, teri, haddock, dan masih banyak lagi.

  5. Makanan laut, yakni kepiting, kerang, udang, dan telur ikan.

  6. Minuman manis, terutama soda manis dan jus buah.

  7. Gula tambahan, yakni nektar agave, madu, dan sirup jagung fruktosa tinggi

  8. Makanan yang mengandung ragi.

  9. Makanan sumber karbohidrat olahan, seperti kue, roti putih, dan biskuit harus dihindari. Meskipun tidak tinggi purin atau fruktosa, makanan ini rendah nutrisi dan dapat meningkatkan kadar asam urat.

  10. Sayur-sayuran tertentu, seperti kembang kol, bayam, brokoli, asparagus, jamur, daun singkong, buncis, kangkung, dan daun pepaya.

  11. Buah-buahan tertentu, seperti nangka, nanas, dan durian.


Mengontrol kadar asam urat dengan menghindari beberapa jenis makanan pantangan  asam urat baik dilakukan untuk menghindari komplikasi asam urat. Bila rasa penyakit asam urat dibiarkan terus tinggi dalam waktu lama, akan menimbulkan masalah seperti berikut ini:

 

  1. Tophi atau tofus (benjolan) yang dapat mengikis kulit dan jaringan di sekitar persendian deformitas sendi.

  2. Penyakit ginjal.

  3. Batu ginjal.

  4. Penyakit jantung Parkinson. 

  5. Katarak atau mengaburkan fungsi penglihatan. 

  6. Sindrom mata kering.

  7. Kristal urat di paru-paru meski jarang terjadi.


5 MINUMAN PANTANGAN ASAM URAT

Beberapa minuman pantangan asam urat yang mengandung purin tinggi dan wajib untuk dihindari oleh penderita asam urat maupun orang yang tak ingin mengalami penyakit asam urat, di antaranya:

1. Minuman Alkohol

Alkohol dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Salah satu prosesnya adalah dengan menstimulasi hati supaya memproduksi asam urat.

Jenis-jenis minuman yang mengandung alkohol seperti bir, wine, whisky, sake, soju dan masih banyak lagi.

"Dari banyaknya jenis minuman yang mengandung alkohol, bir merupakan yang paling banyak mengandung purin akibat dari proses fermentasinya. Di dalam tubuh, alkohol akan diubah menjadi asam laktat yang bisa mengganggu pembuangan asam urat oleh ginjal.," ujar dr. Sara Elise Wijono dari KlikDokter.


2. Minuman ringan dengan pemanis buatan


Beberapa penelitian sudah menemukan peningkatan risiko asam urat dari minuman yang dimaniskan dengan gula. Satu studi besar mengungkap bahwa hanya satu minuman ringan manis per hari sudah mampu menggandakan risiko seorang wanita untuk menderita penyakit asam urat.


3. Jus jeruk kaleng


Minuman pantangan asam urat berikutnya adalah jus jeruk kaleng. Bagaimana mungkin jus jeruk kalengan yang menyegarkan dan mengandung banyak vitamin C malah membuat asam urat kambuh? 


Menjawab ini, seorang ahli peneliti berkata kalau jus jeruk kaleng mengandung kadar fruktosa tinggi, dimana hal ini berhubungan erat dengan kekambuhan gejala penyakit asam urat.


Fruktosa itu sendiri adalah pemanis buatan yang umumnya ditambahkan ke dalam minuman kemasan kaleng.


4. Kopi


Terdapat studi yang menyebut bahwa kafein mampu melindungi Anda dari asam urat, karena memiliki struktur kimia yang mirip dengan obat asam urat.


Di sisi lain, ada pula penelitian yang mengatakan bahwa terlalu banyak konsumsi kafein malah bisa membuat gejala asam urat kumat.


Penelitian tersebut menemukan, jika Anda menggandakan asupan kafein dalam sehari, maka risiko terjadinya gejala asam urat akan meningkat hingga 80%.


5. Minuman berenergi


Sebagian besar minuman berenergi mempunyai kandungan fruktosa dan kafein di dalamnya. Oleh sebab itu, jenis minuman ini dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh.


"Tidak ada penelitian yang mengevaluasi dampak minuman energi terhadap asam urat. Akan tetapi, karena sebagian besar minuman tersebut dimaniskan dengan fruktosa, dapat ditarik kesimpulan bahwa minuman berenergi memiliki kemungkinan untuk meningkatkan risiko terjadinya serangan asam urat," kata seorang rheumatologist di Temple University Hospital di Philadelphia, Jennifer Sloane, MD.


1 komentar untuk "Inilah 11 Makanan dan 5 Minuman Pantangan Asam Urat - Catatan Sehatmu"

  1. Terus apa makanan yang baik untuk penderita asam urat?,
    Masa semua makanan di larang?.

    BalasHapus

Posting Komentar