3 Ciri-ciri Asam Urat di Kaki yang Wajib Kamu Ketahui - Catatan Sehatmu

 

Asam urat


Catatansehatmu.com - Tak sadar, ciri-ciri penyakit asam urat di kaki sering kali dirasakan oleh kita semua. Penyakit asam urat atau gout terutama di bagian kaki bisa menyerang siapa saja loh, bisa para lanjut usia dan bisa juga anak muda.

Kamu harus perhatikan ciri-ciri asam urat di kaki mula-mula merasakan kesemutan, kebas terus juga biasanya ditandai dengan adanya rasa sakit pada ibu jari, setelah itu nyeri yang berkelanjutan, muncul kemerahan sampai terjadi pembengkakan di area sekitarnya.

Rasa nyeri dari penyakit asam urat ini juga bisa datang mendadak dan terjadi sewaktu-waktu. Ngeri juga yah kalau dibayangkan.

Daripada kamu penasaran dengan ciri-ciri asam urat di kaki, yuk simak informasi yang sudah disiapkan catatansehatmu.com berikut ini.

1. Sakit pada Ibu Jari Kaki dan Nyeri Sampai Berlanjut

Ini adalah ciri-ciri asam urat di kaki yang sering dirasakan pertama yakni rasa nyeri pada ibu jari kaki. Salah satu indikasi asam urat yang paling menonjol. Bukan hanya itu, dokter juga menyebutnya sebagai podagra. Rasa nyeri pada ibu jari kaki akan hilang setelah beberapa jam bahkan hari.

Kamu harus tahu, bahwa asam urat dapat menyerang persendian akibat dari kadar asam urat yang tinggi di dalam aliran darah. Untuk orang yang sehat, asam urat akan ikut larut dalam darah setelah itu berjalan ke ginjal dan berakhir dikeluarkan lewat urine. Akan tetapi bagi para penderita, asam urat yang berlebihan akan tetap berada di dalam darah sampai menyebabkan hiperurisemia.

Setelah merasakan nyeri ibu jari kaki, ciri-ciri asam urat di kaki selanjutnya adalah nyeri yang berkelanjutan. Setelah rasa sakit gejala asam urat di awal menghilang, penderita kemungkinan bisa merasakan nyeri yang berkelanjutan. Nyeri ini biasanya terjadi di sendi ibu jari kaki atau tempat di mana asam urat biasanya menumpuk. Rasa sakit ini bahkan bisa dirasakan di jari-jari kaki lainnya dan bisa terjadi hingga berminggu-minggu.


2. Pembengkakan dan Kemerahan

Tahukah kamu, ibu jari kaki merupakan daerah yang kerap menyimpan kelebihan asam urat. Kalau sudah terjadi seperti demikian, ibu jari kaki kemungkinan akan bereaksi dan meradang. Akibatnya ibu jari menjadi bengkak baik di salah satu kaki ataupun kedua ibu jari kaki penderita.

Bukan hanya itu, pembengkakan juga bisa lebih luas lagi bahkan sampai betis serta lutut. Tak jarang juga, kaki yang meradang menjadi begitu sakit pada saat kita sentuh. Area pada kaki yang meradang akan muncul warna kemerahan karena pembengkakan. Kemerahan ini juga menjadi ciri-ciri asam urat di kaki berikutnya.

Warna kemerahan akan muncul di area yang mengalami nyeri dan bengkak. Bahkan di beberapa kejadian, warna kemerahan itu dapat berubah menjadi warna keunguan. Kalau telah terjadi hal demikian, tindakan tepat yang bisa kamu lakukan adalah mengompres bagian yang sakit dengan air es. Jangan lupa juga untuk banyakin minum air putih supaya bisa membantu mencairkan konsentrasi asam urat dalam darah.


3. Serangan Mendadak dan Nyeri Malam Hari

Ciri-ciri asam urat di kaki yang berikutnya adalah dapat dirasakan nyeri pada malam hari. Kebanyakan asam urat memang menyerang di malam hari serta dadakan atau secara tiba-tiba. Kadang-kadang rasa nyeri asam urat itu muncul saat penderita tidur nyenyak. Bisa juga rasa nyeri muncul di pagi hari setelah bangun tidur.

Para penderita terkadang akan merasakan sakit di bagian kaki bahkan kesulitan bangun dari tempat tidur. Jika terjadi hal demikian itu, sebaiknya kamu jangan memaksakan kaki untuk bergerak, diamkan saja karena jika dipaksakan rasa sakit yang dirasakan akan semakin menjadi-jadi.

Tidak ada komentar untuk "3 Ciri-ciri Asam Urat di Kaki yang Wajib Kamu Ketahui - Catatan Sehatmu"