Inilah 4 Ciri-Ciri GERD yang Wajib Kamu Ketahui, Salah Satunya Familiar Banget

 

Inilah 4 Ciri-Ciri GERD yang Wajib Kamu Ketahui, Salah Satunya Familiar Banget

Catatansehatmu.comGastroesophageal reflux disease atau biasa kita sebut dengan GERD adalah keadaan medis dimana ketika cairan asam yang semestinya berada didasar lambung justru terbalik, malah naik ke kerongkongan. Orang yang mengidap GERD sering mengeluh karena rasa yang tidak nyaman dan merasakan nyeri pada bagian tertentu. Karena rasa sakit ini pastinya bisa mengganggu aktivitas sehari-hari


Tak berlama-lama, di bawah ini catatansehatmu.com akan sharing tentang ciri-ciri GERD yang perlu Kamu ketahui. Jangan-jangan gak sadar ada salah satu ciri yang sudah Kamu rasakan juga nih. Simak sampai tuntas karena ini akan bermanfaat untuk Kamu.

 


Ciri-ciri GERD yang Terasa Pada Tubuh

Tak sama dengan naiknya asam lambung biasa, hal ini ditandai dengan asam lambung yang naik akibat GERD bisa sampai menimbulkan beragam ciri-cirinya atau gejala yang dirasakan oleh Kita.

Ciri-ciri GERD dapat berlangsung dalam jangka waktu tertentu, mulai dari terasa sekitar 2X dalam 1 minggu atau bisa jadi berlangsung beberapa minggu bahkan berbulan-bulan.

Akan tetapi, sangat penting untuk diperhatikan kalau ciri-ciri GERD yang dirasakan setiap orang bisa saja tidak sama. Ada yang merasakan panas di dada, ada juga yang merasakan dada nya terasa sakit. Seakan-akan mirip ya ciri-cirinya.

Berikut ini 4 ciri-ciri GERD yang biasanya dirasakan oleh seseorang.


  1. Dada Terasa Panas Terbakar

Yang pertama ciri-ciri gejala paling utama dari GERD adalah munculnya rasa panas pada bagian tengah dada, atau terjadi tepat di atas perut.

Keadaan yang akrab seperti ini disebut juga dengan sebutan heartburn ini dapat membuat rasa tidak nyaman bahkan jika sudah parah bisa terasa amat sakit.

Level atau tingkatan keparahan heartburn tak sama, dari yang cukup ringan hingga yang terasa sangat parah. Karena hebatnya, beberapa orang bisa sampai salah mengira bahwa mereka mengalami serangan jantung mendadak.


  1. Nyeri Dada


Hampir sama dengan yang pertama, ciri-ciri GERD yang satu ini kerap salah sangka sebagai serangan jantung, padahal kan pasti ada perbedaan antara nyeri dada karena heartburn dan serangan jantung.

Nyeri dada akibat GERD biasanya terasa pada dada dan menjalar naik dari bagian perut sampai leher. Jika keadaannya sudah parah atau kronis, umumnya ciri-ciri GERD bisa muncul setelah makan dan seiringnya waktu dapat memburuk pada malam hari. 

Sementara itu, rasa nyeri dada akibat serangan jantung lebih sering terasa pada dada bagian kiri.


  1. Mulut Terasa Asam atau Pahit


Mungkin banyak yang belum sadar untuk ciri-ciri GERD yang ketiga ini ya. Gejala GERD lain yang dapat dideteksi tidak sulit adalah munculnya rasa asam atau bahkan pahit pada bagian belakang mulut.

Rasa pahit ini timbul karena makanan atau asam lambung yang seharusnya berada pada sistem pencernaan yang naik ke kerongkongan.

Setelah naik ke kerongkongan (esofagus), makanan atau asam lambung tersebut akan terus melakukan pergerakan ke bagian belakang tenggorokan. Cairan asam inilah yang kemudian dapat membuat mulut Kita terasa pahit atau asam.


  1. Regurgitasi Makanan


Nah yang terakhir ini juga ada yang sudah merasakan tapi belum sadar kalau hal ini adalah ciri-ciri dari GERD. Regurgitasi makanan bisa diartikan bahwa keadaan saat cairan lambung dan sisa-sisa makanan yang belum dicerna kembali naik ke kerongkongan.

Kombinasi dari cairan lambung dan makanan ini lalu masuk ke mulut sehingga Kamu merasakan asam seperti pada saat muntah.

Regurgitasi makanan ini ciri-ciri GERD yang bisa dibilang sangat umum. Ada laporan dalam jurnal Gastroenterology & Hepatology pada 2013 menunjukkan bahwa kurang lebih 80% pengidap GERD mengalami gejala ini.


Tidak ada komentar untuk "Inilah 4 Ciri-Ciri GERD yang Wajib Kamu Ketahui, Salah Satunya Familiar Banget"