Gejala Asam Urat di Kaki, Inilah Tanda-tandanya

 

Gejala Asam Urat di Kaki, Inilah Tanda-tandanya


Catatansehatmu.com
- Ada banyak sekali gejala asam urat di kaki, mulai dari rasa nyeri, merasakan panas, bengkak pada area sekitarnya, dan bisa membuat kemerahan pada kulit. Kalau tidak ditangani dengan tepat, gejala asam urat di kaki ini dapat mengganggu aktivitas kita pastinya, bahkan bisa buat Kamu sulit untuk berjalan.

Sudah pada sepakat jika penyakit asam urat merupakan salah satu penyakit yang menyerang sendi-sendi dalam tubuh salah satunya yang cukup sering ialah menyerang bagian kaki. Penyakit ini terjadi karena terlalu tingginya kadar asam urat yang ada di dalam tubuh, alhasil mineral tersebut membentuk kristal yang tajam dan mengendap akhirnya menyerang persendian deh.

Sudah di jelaskan di atas, bahwa hal ini dapat membuat sendi kita yang terkena asam urat menjadi terasa nyeri, bengkak dan kemerahan. Serangan asam urat yang paling sering dirasakan ialah jempol kaki, lutut, dan pergelangan kaki. Gejala asam urat di kaki terkadanag muncul secara tahu bulat alias dadakan dan bisa bertahan lama, kurang lebih selama 5−10 hari.


Berbagai Gejala Asam Urat di Kaki

Ini yang Kamu tunggu-tunggu, berikut ini merupakan 4 gejala asam urat di kaki yang biasanya muncul:

1. Nyeri sendi di jempol kaki, pergelangan kaki, dan lutut

Pembahasan yang pertama, gejala asam urat di kaki yang paling sering dirasakan adalah rasa nyeri dan bisa dibilang sakit yang luar biasa pada sendi yang terserang, biasanya di bagian lutut, jempol kaki, telapak kaki dan pergelangan kaki. Bagi penderita, rasa nyeri akibat penyakit asam urat bisa terasa seperti perih dan panas, bagai ditusuk-tusuk dan nyut-nyutan sakitnya.

Jika gejala tersebut muncul, Kamu yang mengalaminya menjadi sulit untuk melakukan aktivitas. Bukan hanya itu, menggerakkan kaki sedikit saja sangat kesulitan dan susah karena nyerinya. Hasilnya jalanpun menjadi susah.

Munculnya gejala asam urat di kaki biasanya bisa kambuh di malam hari atau bisa juga pagi hari saat baru bangun tidur, setelah itu mereda dalam beberapa hari. Akan tetapi, terkadang, rasa nyeri sendi akibat penyakit asam urat dapat berlangsung selama berminggu-minggu.


2. Bengkak di sekitar area sendi yang terkena asam urat

Kedua, gejala asam urat di kaki selanjutnya ialah bengkak di sekitar area sendi yang terserang asam urat. Pembengkakan dapat terjadi karena iritasi serta peradangan pada sendi akibat tusukan kristal asam urat.


3. Rentang gerak menjadi terbatas

Okay, masuk ke pembahasan tiga. Rasa nyeri yang sangat sakit serta terjadi pembengkakan di sendi yang terserang dapat membuat sendi menjadi kaku dan sulit untuk digerakkan. Hal ini bisa membuat Kamu yang mengalami kekambuhan gejala asam urat di kaki menjadi sulit untuk bergerak dan beraktivitas selama beberapa hari.


4. Perubahan pada kulit di sekitar sendi yang terserang

Pembahasan terakhir, perubahan pada kulit menjadi kemerahan di sekitar sendi juga termasuk gejala asam urat di kaki yang sering dirasakan dan muncul. Kulit di sekitar area sendi yang mengalami nyeri biasanya akan terlihat kemerahan atau keunguan, terasa kaku, dan hangat ketika disentuh.

Gejala asam urat di kaki biasanya hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari. Akan tetapi, untuk meringankan rasa nyeri dan bengkaknya di kaki, Kamu bisa melakukan kompres pakai air dingin pada kaki, beristirahat, serta mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen.

Kalau Kamu mengalami gejala asam urat di kaki seperti yang telah dijelaskan di atas, terlebih kalau keluhan Kamu ini sudah dirasakan selama berminggu-minggu atau sering kambuh, alangkah baiknya periksakan kondisi tersebut ke dokter.

Penting sekali untuk diingat, kalau tidak ditangani dengan tepat, asam urat yang kadarnya terlalu tinggi dan menumpuk di dalam tubuh tidak hanya menyebabkan masalah di kaki, tapi juga masalah kesehatan lainnya, seperti batu ginjal.

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar untuk "Gejala Asam Urat di Kaki, Inilah Tanda-tandanya"