Asam Urat Berbahayakah? Jangan Sampai Salah, Simak Penjelasan Ini!

 

Asam Urat Berbahayakah? Jangan Sampai Salah, Simak Penjelasan Ini


Catatansehatmu.com - Masalah kesehatan jangan sampai disepelekan apalagi sudah merasakan nyeri pada bagian sendi-sendi yang barengi dengan kondisi pembengkakan area tersebut. Ini bisa diartikan menjadi indikasi dari penyakit asam urat.

Sudah bukan rahasia umum, kalau penyakit asam urat lebih banyak dirasakan oleh laki-laki dengan rentang usia mulai dari 30 sampai 50 tahun. Ingat ! Tidak menutup kemungkinan wanita di rentang usia tersebut juga bisa mengalaminya loh dan usia anak muda jangan bersenang hati dulu karena jika tidak menjaga pola makan Kamu juga bisa terkena penyakit asam urat.

Jadi asam urat berbahayakah? jangan sampai salah, baca lebih lanjut agar Kamu gak salah memahaminya.

Oke, perlu Kamu ketahui berikut ini faktor lain yang dapat meningkatkan risiko seseorang merasakan penyakit asam urat, seperti memiliki riwayat keturunan dari keluarga dengan kondisi mengalami asam urat, mengonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi secara berlebihan, seperti jeroan, daging dan makanan laut.

Bukan hanya itu, Kamu yang memiliki kebiasaan minum alkohol serta minuman yang mengandung gula tinggi juga dapat berisiko alami penyakit asam urat ini. Yuk mulai dari sekarang untuk mengubah kebiasaan pola makan untuk menjadi lebih sehat agar kamu terhindar dari penyakit asam urat.


Sering mendengar kata-kata "Lebih baik mencegah daripada mengobati" bukan? Ya, semua pasti setuju dengan perkataan tersebut ada benarnya juga dan memperingatkan kepada kita semuanya. Tapi jika sudah ke tahap pengobatan teruslah ber ikhtiar untuk kesembuhan.

Jika kamu memiliki penyakit asam urat, ada beberapa pengobatan yang dapat Kamu lakukan untuk mencegah penyakit asam urat lebih berkembang lagi dan rasa nyeri yang makin sakit. Penanganan penyakit asam urat bisa dilakukan dengan penggunaan resep obat dari dokter atau dengan cara memenuhi kebutuhan protein seperti minum susu rendah lemak. Lebih penting lagi, jangan sampai lupa untuk melakukan olahraga secara rutin ya karena banyak manfaatnya.

Ini bagian terpentingnya, penyakit asam urat yang tidak segera diobati bisa membahayakan Kamu loh, penyakit asam urat karena sebabkan komplikasi kesehatan. 

Seberapa bahayakah penyakit asam urat?

Jangan anggap sepele ya, ternyata dampaknya banyak dan berbahaya juga untuk kesehatan Kamu. Berikut ini 4 bahaya asam urat jika Kamu menunda dan tidak segera di obati

1. Sendi Jadi Rusak

Ketika tingginya kadar asam urat dalam tubuh dan Kamu sudah tidak bisa mengontrolnya, maka bisa menyebabkan kerusakan sendi pada tubuh kita loh. Umumnya, kondisi ini akan muncul setelah kondisi tophi yang tidak segera diobati atau diatasi.


2. Tophi

Tophi ini, pada penderita sakit asam urat bisa sebabkan gangguan dalam kegiatan sehari-hari. Benjolan tersebut akan terus bertumbuh, ia bisa mengikis kulit serta jaringan yang ada di sekitar persendian. Endingnya dapat menyebabkan kerusakan serta kehancuran pada sendi.

Penyakit asam urat yang tidak cepat Kamu obati, Lama-lama bisa berkembang menjadi asam urat kronis yang bisa menyebabkan tophi. Seperti penjelasan di atas tophi merupakan penumpukan kristal padat di bawah kulit yang kemudian membentuk bulatan kecil menonjol dan terdapat cairan. Benjolan tophi paling sering terjadi di bagian-bagian tubuh, seperti pergelangan tangan, tangan, Kaki, pergelangan kaki dan telinga.


3. Batu Ginjal

Berikutnya adalah gagal ginjal. Asam urat yang tidak segera diobati bisa menyebabkan gangguan batu ginjal. Kadar asam urat dalam tubuh membentuk kristal yang menumpuk dan bisa berubah menjadi batu ginjal. Kondisi ini bisa mengakibatkan Kamu merasakan gangguan fungsi pada ginjal.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Asam Urat Berbahayakah? Jangan Sampai Salah, Simak Penjelasan Ini!"