Inilah Penyebab Asam Urat di Tangan dan Cara Mengatasinya - Catatan Sehatmu


Penyebab Jari Tangan Sakit yang Kamu Rasakan

catatansehatmu.com - Rasa nyeri di pergelangan tangan merupakan kondisi rasa sakit yang disebabkan oleh beberapa kondisi mulai dari cedera pada bagian pergelangan tangan yang meliputi jaringan sel, tulang dan sendi yang lainnya.

Keadaan nyeri pada pergelangan tangan ini dapat dirasakan oleh siapa saja. Akan tetapi keadaan ini lebih sering terjadi pada seseorang yang suka melakukan aktivitas fisik dengan menggunakan kekuatan tangan, wanita hamil dan orang yang memiliki beberapa penyakit tertentu.

Bisa jadi ini juga karena penyakit asam urat. Awas mulai hati-hati ya.

Baca sampai tuntas ya, ada penyakit pirai (penyakit asam urat) bisa jadi ini itu penyebabnya.

Jari tangan kaku adalah keadaan yang tidak hanya membuat jari seakan terkunci pada posisi tertentu atau jari tiba-tiba sulit sekali untuk digerakkan oleh kita yang terasa tidak nyaman serta cukup menyakitkan. Hal ini disebabkan tendon pada jari jempol atau jari tangan yang mengalami peradangan.

Tendon adalah penghubung antara tulang dan otot yang berbentuk jaringan penyambung keras. Ketika jari tangan kita digerakkan, otot dan tendon pada bagian lengan serta tangan akan bersama-sama meluruskan atau menekuk jari tangan.

Biasanya, pergerakan ini dapat berjalan dengan lancar. Akan tetapi pada keadaan tertentu, tendon bisa saja mengalami peradangan dan pembengkakan. Pergerakan yang dilakukan pun bisa saja menarik tendon yang meradang lewat selubung tendon yang ‘seolah-olah’ menjadi sempit, hingga akhirnya membuat suara ‘klik’.

Pernah denger suara itu kan?

Gejala Jari Tangan Sakit

Indikasi yang sering muncul sebagai pertanda jari tangan kaku bisa dimulai dari gejala yang ringan hingga parah. Contohnya, jari tangan kaku terasa di pagi hari dan munculnya pembengkakan pada bagian dasar jari yang meradang serta jari tangan membuat suara ‘klik’ pada saat kita gerakkan.

Gejala lainnya yang mungkin bisa terjadi yakni jari tangan posisi tertekuk yang sulit sekali untuk kita luruskan atau gerakkan dan tiba-tiba seperti terkunci. Atau sebaliknya, dapat juga jari tangan tiba-tiba terkunci dalam keadaan tertekuk, namun kemudian dengan tiba-tiba lurus kembali.

Jari tangan kaku kemungkinan bisa disebabkan oleh pergerakan yang dipaksakan dan berulang-ulang pada jari tangan atau jempol. Meskipun begitu, terdapat beberapa penyebab jari tangan kaku lainnya, seperti penyakit pirai (penyakit asam urat), rheumatoid arthritis dan diabetes.

Penyakit Pirai (Penyakit Asam Urat)


Penyakit pirai (penyakit asam urat) adalah salah satu jenis penyakit radang sendi yang bisa menimbulkan rasa perih, rasa kaku, dan merah membengkak. Penyakit pirai yang sudah dirasakan atau terjadi terlalu lama bisa menimbulkan kerusakan pada jaringan penyambung, seperti tendon, sendi, dan tulang.


Penyakit pirai (penyakit asam urat) umumnya terjadi pada laki-laki. Penyakit pirai bisa terjadi dikarenakan oleh asam urat yang terlalu tinggi di dalam aliran darah. Akan tetapi, tidak semua orang yang memiliki tingkat asam urat yang tinggi bisa mengalami penyakit pirai, hanya saja, ketika tingginya tingkat asam urat, asam urat bisa mengkristal di dalam sendi dan menimbulkan kerusakan.


Penyakit pirai juga bisa terjadi jikalau kita terlalu banyak minum-minuman beralkohol, obesitas atau memiliki berat badan berlebih, serta mengonsumsi terlalu banyak makanan daging dan makanan laut (seafood).


Selain beberapa penyebab di atas, diabetes juga bisa menjadi salah satu penyebab jari tangan kaku. Meskipun begitu, masih belum diketahui dengan begitu jelas mengapa diabetes bisa menyebabkan jari tangan kaku. Akan tetapi indikasi hal ini terjadi karena rusaknya saraf yang berisiko tinggi terjadi pada penderita diabetes.


Ngeri juga ya.


Jika jari tangan kita kaku secara tiba-tiba mungkin saja bisa membuat kita bertanya-tanya dan kaget apa sih yang sebenarnya terjadi?


Pada keadaan penyakit tertentu, Jika terlalu lama membiarkan atau mengabaikan keadaan jari tangan kaku dapat menyebar ke masalah lainnya loh. Kalau kita mengalami jari tangan kaku atau mungkin mengalami beberapa indikasi dari beberapa penyebab  jari tangan kaku diatas, saran saya segera konsultasikan kepada dokter.


Oke?


Ketahui Letak Nyeri Pergelangan Tangan Penyebab Penyakit Asam Urat


Sudah kita ketahui bahwa penyakit asam urat merupakan salah satu penyakit yang muncul akibat tingginya kadar asam urat didalam darah. Seseorang akan merasakan nyeri pada bagian sendi yang ada pada tubuh, salah satunya yakni sendi bagian pergelangan tangan.


Pada Saat kadar asam urat dalam darah banyak menumpuk pada salah satu sendi di bagian tubuh, maka dampaknya adalah rasa nyeri. Asam urat menyebabkan nyeri pada  pergelangan tangan ketika kadar asam urat banyak menumpuk pada bagian sendi pergelangan tangan.


Akan tetapi, bukan hanya asam urat, ada beberapa kondisi penyakit lain yang menyebabkan seseorang merasakan nyeri pada pergelangan tangan, seperti kondisi trauma. Seseorang yang pernah mengalami trauma pada bagian pergelangan tangan akibat keseleo atau terjatuh bisa menyebabkan rasa nyeri pada pergelangan tangan.


Setuju kan?


Salah satu tandanya asam urat yang sudah menumpuk dalam tubuh yakni nyeri terasa di telapak tangan, yang terjadi biasanya karena asam urat sudah kronis. Mulanya, seseorang tak akan menunjukkan indikasi yang berarti sampai asam urat berada dalam kondisi akut. Selain rasa nyeri di telapak tangan, ada beberapa gejala yang muncul, seperti:


  1. Bengkaknya pada sendi yang terkena. Pembengkakan ini akan terasa empuk ketika disentuh.
  2. Mengalami rasa nyeri sendiri yang sangat sakit dan berlangsung secara dadakan, terutama pada waktu pagi hari.
  3. Bengkaknya pada sendi yang terkena akan memiliki warna kemerahan.
  4. Area terdekat sendi yang mengalami pembengkakan akan terasa panas.


Sebagian besar indikasi yang telah disebutkan diatas biasanya berlangsung selama kurang 1-2 hari. Bedanya dengan kasus yang lebih parah, tanda asam urat bisa saja berlangsung selama sepekan atau bahkan hingga berbulan-bulan, dengan intensitas rasa nyeri dari ringan hingga berat. Tanda asam urat yang terasa tidak bisa dianggap remeh, karena itu akan mengganggu aktivitas kita.


Terutama jika rasa nyeri pada telapak tangan dibarengi dengan kesulitan menggerakkan tangan, otot terasa lemah, merasakan mati rasa, atau lumpuh pada otot. Tanda asam urat tersebut sudah termasuk ke dalam kategori parah yang harus ditangani segera oleh medis. 


Untuk mencegah hal itu terjadi, segeralah temui dokter di rumah sakit terdekat saat merasakan indikasi ringan yang mengganggu, ya!

Kendalikan Tanda Asam Urat dengan Langkah Berikut


Penyakit asam urat memang tak bisa disembuhkan secara total. Akan tetapi, indikasi ringan yang terasa bisa kita dikendalikan dengan beberapa langkah sebagai berikut ini:


  1. Mulai olahraga secara teratur. Olahraga bisa membuat sendi-sendi terlatih dengan baik, sehingga bisa mencegah kekakuan pada sendi yang menjadi penyebab nyeri. Berolahraga dapat kamu lakukan selama 30 menit per hari.
  2. Jaga pola makan. Jika indikasi ringan mulai terasa, kamu wajib menjaga pola makanan yang dikonsumsi. Hal ini untuk mengatasi rasa nyeri akibat asam urat, sebaiknya hindari konsumsi minuman atau makanan manis, serta lemak. Kamu bisa mengkonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, dan gandum utuh.
  3. Jaga berat badan. Seseorang dengan kelebihan berat badan atau obesitas akan berisiko tinggi mengidap asam urat. Untuk itu, penting juga menjaga berat badan ideal dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.
  4. Banyak minum air putih. Banyak minum air putih 8 gelas/hari bisa membantu mengangkut zat-zat yang tak terpakai di dalam tubuh kita. Kamu juga bisa mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air guna memperlancar pengeluaran asam urat dalam tubuh yang tidak terpakai.
  5. Jahe. Jahe bersifat anti-inflamasi yang dapat membantu mencegah penumpukan kristal, serta mengatasi tanda asam urat yang terasa. Jika dikonsumsi saat tanda asam urat terasa, kandungan shogaol dan gingerol dalam jahe akan membantu mengurangi dampak peradangan yang terasa.

Tidak ada komentar untuk "Inilah Penyebab Asam Urat di Tangan dan Cara Mengatasinya - Catatan Sehatmu"