Perhatikan! Inilah 5 Ciri-ciri Asam Urat di Lutut - Catatan Sehatmu

 


Gejala dan Ciri-ciri Umum Penyakit Asam Urat di Lutut

catatansehatmu.com - Pada kesempatan kali ini catatan sehatmu akan membahas ciri-ciri rasa nyeri asam urat di lutut. Rasa nyerinya di lutut pasti mengganggu banget ga sih? sahabat catatan sehatmu pasti tau jawabannya. Huhu sedih.
Rasanya nyerinya di lutut cekot-cekot terus juga datangnya secara tiba-tiba bikin panik dan pasti ga nyaman banget. Benarkan ya?
Pada umumnya asam urat adalah penyakit yang lebih sering menyerang orang dewasa, terutama pria. Penyebab penyakit asam urat adalah kadar asam urat (uric acid) yang terlalu tinggi. Kondisi ini menyebabkan penumpukan asam urat dan terbentuknya kristal asam urat di sendi sehingga menimbulkan peradangan.
Meski demikian, tidak semua orang dengan kadar asam urat tinggi akan menunjukkan gejala atau ciri-ciri tertentu. Gejala akan terasa ketika penderita mengalami serangan asam urat akut atau sudah mengalami kondisi yang kronis.
Serangan asam urat ini umumnya muncul secara tiba-tiba dan sering terjadi pada malam hari. Serangan ini dapat berlangsung dalam beberapa hari atau minggu. Kemudian mereda dalam waktu yang lama dan kembali pada suatu waktu bila kadar asam urat Anda tidak terkontrol.
Adapun bagian sendi yang paling sering merasakan gejala adalah jempol kaki. Namun, sendi yang lainnya pun bisa terkena, seperti lutut, pergelangan kaki, siku, pergelangan tangan, dan jari. Secara umum, gejala, tanda-tanda, atau ciri-ciri Anda terkena penyakit asam urat, yaitu:

1. Nyeri Sendi

Nyeri sendi adalah salah satu dari tanda-tanda yang umum muncul ketika kadar asam urat dalam darah tinggi. Rasa nyeri asm urut di lutut bisa terjadi karena kristal asam urat yang terbentuk di bawah kulit di sekitar sendi. Kristal ini kecil, tetapi tajam sehingga bisa menimbulkan rasa sakit pada penderitanya.
Rasa nyeri pada sendi biasanya mulai dirasakan pada pagi hari. Kemudian akan semakin parah pada 4-12 jam pertama setelah menyadari adanya rasa nyeri pada persendian.

2. Sendi Bengkak dan Lunak

Berikutnya yang kedua adalah ciri-ciri Anda mengalami sakit asam urat juga bisa dilihat dari penampilan persendian yang bermasalah. Sendi yang bermasalah karena kadar asam urat tinggi akan terlihat bengkak dan terasa lunak ketika ditekan.
Pembengkakan ini bisa terjadi karena kristal kecil, keras, dan tajam yang terbentuk di sendi bergesekan dengan lapisan lunak yang melindungi sendi, yang disebut dengan sinovium. Kondisi ini menyebabkan lapisan sinovium membesar dan terasa lunak ketika ditekan.

3. Kulit di Sekitar Sendi Berwarna Kemerahan

Tanda-tanda penyakit asam urat lainnya yang mungkin muncul, yaitu kulit di sekitar sendi yang terkena menjadi kemerahan. Hal ini merupakan reaksi yang umum terjadi ketika Anda mengalami peradangan.
Pasalnya, saat peradangan terjadi, aliran darah akan meningkat berjalan menuju ke bagian tubuh yang terkena, yang disebut dengan vasodilatasi. Bila terkena di sendi, kondisi ini menyebabkan kulit di bagian sendi yang terkena akan menjadi kemerahan.

4. Sendi Terasa Hangat atau Panas

Penyakit asam urat juga dapat menyebabkan gejala berupa persendian yang terasa panas. Bahkan, beberapa orang menggambarkan persendiannya terasa seperti terbakar. Sama halnya dengan kemerahan, sensasi panas ini juga merupakan efek dari proses peradangan.
Proses peradangan alias inflamasi akan memicu sistem imun tubuh untuk melepaskan senyawa sitokin. Pelepasan sitokin inilah yang dapat memicu peradangan hingga menimbulkan bengkak, kemerahan, dan terasa hangat pada sendi yang terkena asam urat.

5. Sendi Terasa Kaku

Pada kasus asam urat yang lebih parah, sendi juga mungkin menjadi kaku sehingga sulit digerakkan. Namun, biasanya tanda-tanda ini baru akan muncul ketika Anda sudah mengalami beberapa kali serangan asam urat atau sudah menderita gout kronis.

Tidak ada komentar untuk "Perhatikan! Inilah 5 Ciri-ciri Asam Urat di Lutut - Catatan Sehatmu"