Penyakit Asam Lambung, Kenali Penyebabnya, Cara Mencegahnya & Cara Mengobatinya

 

Penyakit Asam Lambung, Kenali Penyebabnya, Cara Mencegahnya & Cara Mengobatinya

catatansehatmu.comSudah banyak yang paham bahwa penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (Gerd) adalah datangnya rasa panas pada dada kita akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Gejalanya penyakit asam lambung ini bisa datang dan terasa minimal 2x dalam seminggu.


Pengidap penyakit asam lambung ini sering mengalami refluks asam yang sedang bahkan ringan paling tidak 2x dalam 1 minggu dan juga gangguan yang parah paling tidak 1x dalam seminggu. Oleh sebab itu, bagi kamu pengidap penyakit asam lambung wajib mengetahui bagaimana caranya untuk meredam gejalanya, seperti dengan mulai rubah gaya hidup dan mengkonsumsi obat-obatan.


Penyakit asam lambung ini bisa saja dirasakan oleh orang dewasa maupun anak-anak. Gejala penyakit pada lambung ini sering diartikan sebagai serangan jantung atau penyakit jantung koroner, sebab gejalanya yang kurang lebih mirip dengan rasa nyeri pada dada.

walaupun tidak mematikan seperti serangan jantung, akan tetapi penyakit asam lambung harus ditangani agar tidak menimbulkan komplikasi penyakit.


Penyebab Penyakit Asam Lambung


Kamu harus tau bahwa penyakit asam lambung ini terjadi ketika otot kerongkongan bagian bawah atau otot LES lemah. Otot LES ini semestinya berkontraksi serta menutup saluran ke kerongkongan setelah makanan turun ke lambung. Logikanya jika otot ini melemah, kerongkongan kita masih tetap terbuka maka asam lambung akan naik lagi ke kerongkongan.


Wajib diketahui bahwa kondisi ini rentan terjadi pada orang dewasa, lansia, ibu hamil dan obesitas. Gejala atau penyebab utama dari penyakit asam lambung naik adalah rasa seperti panas terbakar di dada, yang bisa lebih parah setelah makan atau saat badan berbaring. Gejala ini bisa disertai dengan keluhan gangguan pada pencernaan dan lainnya seperti sering bersendawa, mual serta muntah, sesak bernapas, serta mulut terasa asam.

Yuk segera periksakan diri ke dokter kalau Kamu mengalami gejala-gejala yang disebutkan di atas.


Pencegahan Penyakit Asam Lambung

Nah sekarang pembahasan gimana sih cara mencegah dari penyakit asam lambung ini?

Beberapa metode lainnya yang dapat dilakukan sebagai pencegahan, diantaranya:

  • Makan dengan porsi yang lebih sedikit, tetapi lebih sering dan juga ganti jenis menu makanan yang Kamu konsumsi.

  • Lebih baik mulai berhenti merokok.

  • Gunakan alas kepala yang lebih tinggi dari badan pada saat tidur.

  • Atur jam makan paling tidak 2–3 jam sebelum Kamu tidur.

  • Mulai mencoba untuk tidur di kursi pada saat tidur siang.

  • Jika mengalami obesitas, mulailah berolahraga dan mengatur pola makan.

  • Penting !, Wajib menghindari makanan yang berlemak dan asam.

  • Mulai batasi asupan cokelat.

  • Kurangi makanan yang pedas & kurangi minuman yang berkarbonasi.


Pengobatan Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung atau GERD bisa teratasi dengan mengubah perilaku dan pola hidup sehari-hari, mulai dari menurunkan berat badan, setelah makan tidak langsung berbaring, membatasi makan-makanan tertentu, termasuk buah-buahan yang asam, dan mulailah berhenti merokok ya. Untuk obatnya ada beberapa tanaman herbal, antara lain jahe yang bisa diklaim sangat bermanfaat untuk mengatasi penyakit asam lambung.


Jika masih terasa sakit sebaiknya Kamu mulai periksakan kepada Dokter ya. Kamu bisa mendapatkan resep dan obat sesuai indikasi yang Kamu rasakan. Kalau masih terasa sakit juga, obat dari Dokter belum bisa mengatasi penyakit asam lambung Kamu, pengobatan berikutnya bisa operasi.

Mungkin sudah pada tahu bahwa pengobatan asam lambung biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Oleh Sebab itu, mulai dari sekarang salah satu pencegah penyakit asam lambung adalah dengan menjaga pola makan. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar untuk "Penyakit Asam Lambung, Kenali Penyebabnya, Cara Mencegahnya & Cara Mengobatinya"