Asam Urat Kumat? Obati Dengan Olahraga Ini - Catatan Sehatmu

 

Asam Urat Kabur Dengan Cara Ini 

Asam Urat Kumat? Obati Dengan Olahraga Ini - Catatan Sehatmu

Catatan Sehatmu - Bagi penderita penyakit asam urat melakukan aktivitas olahraga yang sangat cocok memang penting diterapkan supaya rasa nyeri dari penyakit asam urat ini tidak semakin parah. Bukan hanya itu, melakukan olahraga yang diikuti dengan pola makan sehat juga bisa mencegah penyakit menjadi tidak bertambah parah. Aktivitas olahraga yang diikuti dengan pola makan sehat bisa membantu menurunkan berat badan juga loh, sehingga akan dapat mengurangi kadar asam urat dalam darah. Sudah bisa di pahami kan penjelasan sedikit di atas? Kalo sudah, kita lanjut penjelasan berikutnya ya, baca sampai akhir.

Okeh, Tidak hanya itu, penurunan berat badan juga akan membantu mengurangi stres pada sendi-sendi yang menahan beban tubuh, misalnya lutut, pinggul, pergelangan kaki serta kaki. Akan tetapi, olahraga berat catatan sehatmu tak akan menyarankan karena akan berisiko memicu kelelahan atau dehidrasi malah hasilnya bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah loh. Bukannya sembuh malah tambah sakit. Ngeri juga kan ? Hati-hati ya, Catatan Sehatmu menyarankan jenis olahraga apa aja yang cocok untuk penderita penyakit asam urat. Tapi sebelum penjelasan kesana, simak manfaatnya dulu ya olahraga bagi penderita asam urat.

Manfaat Olahraga untuk Penderita Asam Urat

Beraktivitas fisik dan olahraga bisa mengurangi rasa nyeri yang berlebih akibat asam urat, bisa juga meningkatkan pergerakan, dan dapat membuat tubuh kita lebih berenergi lagi. Rajin atau teraturnya olahraga juga dapat membantu menurunkan berat badan bagi penderita penyakit asam urat. Kita sepakat ya dari pembahasan awal tadi bahwa berat badan yang berlebih bisa memicu rasa nyeri asam urat didalam tubuh Kita. Menurunkan berat badan adalah solusi untuk membantu mengurangi rasa nyeri yang sangat sakit karena persendian Kita tidak terlalu terbebani. Bukan hanya itu, beraktivitas fisik dan olahraga baik juga loh untuk kesehatan jantung Kita, karena bagi Kita yang penderita asam urat terkadang berisiko terkena penyakit jantung. Ih ngeri juga yah… Makanya Aktivitas positif tersebut sangat penting dan membantu menjaga detak jantung kita tetap sehat. Olahraga dan aktivitas fisik yang aman serta cocok untuk penderita asam urat ialah yang tak membebani sendi dalam tubuh. Hal ini bertujuan supaya tidak membuat sendi-sendi malah makin terasa sakit. Bukan hanya itu, olahraga bagi penderita asam urat bisa dibilang penting untuk dilakukan. Karena, Kalau orang yang memiliki penyakit asam urat tidak berolahraga, sendi-sendi dalam tubuh yang tak digerakkan, maka akan menjadi lebih kaku serta otot akan menjadi lebih lemah. Nahhh… Sekarang pembahasannya lebih seru nih, yang di tunggu-tunggu yakni jenis olahraga yang cocok untuk penderita asam urat. Selamat menyimak dan di terapkan ya, semoga bisa menjadi wasilah untuk menghilangkan rasa nyeri akibat asam urat.

4 Jenis Olahraga Untuk Penderita Asam Urat

Okeh, di bawah ini merupakan penjelasan 4 jenis olahraga yang cocok untuk penderita asam urat, saran dari Catatan Sehatmu baca sampai tuntas ya… 1. Berenang Di urutan pertama ada jenis olahraga yang cocok untuk penderita asam urat adalah berenang. Aktivitas fisik atau olahraga terbaik untuk kita para penderita asam urat adalah berenang, karena aktivitas renang ini tak menekan sendi-sendi dalam tubuh. Renang bisa membuat lutut kita yang mengalami rasa sakit akan melepaskan stres karena terbebas dari tugasnya dalam menopang berat badan dan dalam waktu yang sama bisa menyebabkan seluruh tubuh ikut bergerak. Saat kita berenang, saran dari Catatan Sehatmu hindarilah gerakan yang terlalu fokus atau menitik beratkan pada gerak lutut, seperti gaya dada.

2. Bersepeda Yang kedua jenis olahraga yang cocok untuk penderita asam urat adalah bersepeda. Bersepeda merupakan salah satu olahraga atau aktivitas fisik yang aman bagi para penderita asam urat termasuk olahraga yang tidak memberikan tekanan berat pada bagian tubuh. Aktivitas fisik atau olahraga ini juga cocok bagi Kita yang menderita sakit pada sendi lutut loh karena tidak meningkatkan kadar stres pada lutut. Tapi ingat ya, jangan terlalu capek pada saat melakukan olahraga ini agar kita tidak kelelahan atau dehidrasi. Lakukan secukupnya dan berhenti jika sudah capek atau tidak kuat untuk menggowes pedal sepeda. Yuk mulai bersepeda. 3.Jalan Kaki Berikutnya yang ketiga olahraga atau aktivitas fisik yang cocok untuk penderita asam urat adalah jalan kaki. Ringan dan bisa dibilang tidak mengeluarkan biaya ini apabila kita melakukan jalan kaki secara rutin, jenis olahraga ini bisa berdampak baik bagi para penderita asam urat. Tidak hanya untuk membakar kalori, jalan kaki juga bisa menguatkan otot tanpa harus menyiksa sendi-sendi dalam tubuh. Meskipun melibatkan lutut, berjalan kaki merupakan olahraga atau aktivitas fisik yang aman untuk penderita asam urat. Olahraga atau aktivitas fisik ini juga memiliki resiko paling rendah bagi seorang penderita nyeri sendi lutut. Berjalan kaki tidak memberikan tekanan pada lutut secara berlebihan seperti misalnya ketika melakukan aktivitas lari. Selain meredakan rasa sakit pada sendi lutut, aktivitas jalan kaki juga dapat memperkuat otot pada kaki. 4. Peregangan Sekarang pembahasan yang terakhir ya, yakni peregangan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peregangan tidak mengurangi nyeri otot setelah berolahraga atau aktivitas fisik dan penelitian lain menunjukkan bahwa meregangkan otot dan menahan regangan sebelum sprint dapat sedikit memperburuk performa Anda. Akan tetapi, pada peneliti lainnya menjelaskan kalau peregangan bisa membantu meningkatkan kelenturan dan rentang gerak sendi kita. Kelenturan tubuh yang lebih baik bisa meningkatkan performa pada saat beraktivitas fisik, bisa mengurangi resiko cedera, membantu sendi melakukan gerak dan bisa jadi otot bekerja dengan efektif. Peregangan juga dapat meningkatkan aliran darah ke otot loh. Bisa dipahami kan dari penjelasan di atas? Lanjut ya pembahasan berikut juga bisa jadi wawasan untuk Kita Nah di bawah ini merupakan beberapa gerakan peregangan yang dapat kita coba di rumah:
  • Pergelangan tangan. Pertama-tama untuk meregangkan pergelangan tangan adalah kepalkan tangan Kita, selanjutnya putar perlahan pergelangan tangan mengikuti arah jarum jam serta berlawanan arah jarum jam ya, masing-masing bisa dilakukan selama 30 detik.
  • Bahu. Lanjut ke peregangan bahu ya, ini langkahnya pertama-tama letakkan kedua tangan kita di pinggang dan putar perlahan bahu Kita ke depan selama 30 detik, lalu putar lagi ke belakang selama 30 detik.
  • Punggung dan paha belakang. Nah langkah berikutnya duduk di lantai dengan kedua kaki lurus ke depan, lalu raih jari-jari kaki dengan tangan dan condongkan tubuh Anda ke depan sampai berhasil menyentuh jari kaki. Tahan pergerakkan ini sekitar 15 detik dan coba lakukan 3 kali lagi. Selamat mencoba, semoga bermanfaat


Tidak ada komentar untuk "Asam Urat Kumat? Obati Dengan Olahraga Ini - Catatan Sehatmu"