Berapa Kadar Asam Urat yang Normal? Ini Jawabannya! - Catatan Sehatmu





catatansehatmu.com - Berapa kadar asam urat yang normal? terlalu tinggi kadar asam urat dalam darah bisa menyebabkan pembentukan kristal pada jaringan dan persendian dalam tubuh.


Terbentuknya kristal asam urat dapat mengakibatkan penyakit asam urat dan gejala peradangan. Asal mula asam urat yang tinggi kadarnya karena produksi asam urat yang berlebih dan juga tubuh tak banyak membuangnya.


Penyebab asam urat berlebih adalah purin, yaitu zat kimia yang ditemukan dalam beberapa makanan dan ada secara alami di dalam tubuh. Tatkala purin pecah, ia akan menciptakan asam urat sebagai produk ginjal. Ginjal menyaringnya dari darah untuk mengeluarkan melalui urine.



KADAR ASAM URAT NORMAL





Memiliki asam urat dalam darah merupakan kondisi yang normal. Akan tetapi, kalau asam urat yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dari kadar normal, situasi ini dapat menyebabkan problem pada kesehatan.


Walaupun jarang terjadi, seseorang bisa saja kadar asam uratnya sangat rendah jika tubuh terlalu banyak mengeluarkan asam urat.


Mengutip dari Medical News Today, pada 30 September 2020, bagi laki-laki kadar asam urat yang rendah yakni di bawah 2,5 mg/dl, normalnya kadar asam urat adalah 2,5-7,0 mg/dl, dan tingginya kadar asam urat adalah di atas 7,0 mg/dl. Sementara itu, untuk wanita, kadar asam urat rendah yakni di bawah 1,5 mg/dl, normalnya kadar asam urat adalah 1,5-6,0 mg/dl, dan tingginya kadar asam urat  adalah di atas 6,0 mg/dl.



CEK BERAPA KADAR ASAM URAT YANG NORMAL


Ingat, Sangat penting untuk menjaga kadar asam urat supaya tidak mengakibat rasa nyerinya datang kembali dalam tubuh.

Kedapatan lebih tinggi kadar asam uratnya dalam tubuh maka efeknya mengalami rasa sakit yang berlebih oleh penyakit tersebut pun semakin besar.

Dilansir dari Mayo Clinic 06 Maret 2021 dalam artikel "Gout", dituturkan bahwa asam urat termasuk bentuk radang sendi yang umum dan kompleks yang ditandai dengan serangan nyeri yang tiba-tiba parah, kemerahan, bengkak, serta rasa nyeri di satu atau lebih di persendian tubuh.

kebanyakan sendi yang terkena asam urat akan membuat bengkak, terasa panas dan sangat sakit yang tidak tertahankan.

Karena itu, tidak ada salahnya untuk kita mengetahui berapa kadar asam urat yang normal. Apalagi kadar asam urat yang normal, baik laki-laki maupun wanita ternyata sedikit berbeda.

Untuk mengetahui apakah kadar asam urat termasuk normal atau tinggi, memang perlu menjalani tes medis di fasilitas kesehatan atau rumah sakit.

Mengecek kadar asam urat melalui tes darah dikenali sebagai penilaian serum asam urat.

Selain itu,  mengetahui nilai kadar asam urat dalam darah, tes ini juga bisa berguna untuk memberi tahu kepada dokter seberapa baik kerja tubuh dalam memproduksi dan menghilangkan asam urat tersebut.

Lalu, berapa kadar asam urat normal dalam darah? normalnya kadar asam urat pada pria dan wanita berbeda-beda.

Dikutip dari Kontan.co.id 07 April 2021 dari Buku Asam Urat (2011) oleh Dr. dr. Joewono Soeroso, Sp.PD-KR, M.Sc dan Hafid Alhristian, S.Ked, normalnya kadar asam urat  pada setiap orang bisa berbeda-beda, yakni tergantung jenis kelamin, usia, pola makan, dan kondisi kesehatan tubuh masing-masing.

Akan tetapi, pada umumnya, normalnya kadar asam urat pada pria, yaitu 7,0 mg/dL. Sementara itu, normalnya kadar asam urat pada wanita yakni 5,7 mg/dL.

Angka di atas tersebut, seseorang dapat dikatakan mengalami hiperurisemia.

Berikut ini kejadian tahunan dari radang sendi (arthritis) penyakit asam urat pada kadar asam urat tertentu:

- Kadar asam urat < 7,0 mg/dL mempunyai insiden gout 0,1%-0,5%

- Kadar asam urat 7,0-8,9 mg/dL mempunyai insiden gout 0,5%-1,2%

- Kadar asam urat ≥ 9 mg/dL mempunyai insiden gout 4,9%-5,7%

Oleh karena itu, seseorang harus tetap waspada, terutama yang pernah mengalami rasa nyeri asam urat pada tubuh.

Pada masa berikutnya, risiko mengalami serangan asam urat pada mereka akan lebih besar.

Di Buku Resep Mudah Tetap Sehat (2009) oleh Dr. Handrawan Nadesul, menerangkan bahwa kadar asam urat dalam darah normal adalah kurang dari 7 mg/dL untuk laki-laki, sementara untuk wanita kurang dari 6 mg/dL.


CARA MENGONTROL KADAR ASAM URAT





Supaya tidak menyebabkan komplikasi yang tidak diharapkan, pemeriksaan kadar asam urat sangat perlu supaya tetap normal.


Mengontrol asam urat bisa melalui membatasi asupan pola makanan yang menjadi asal muasal asam urat, yaitu makanan yang kaya akan purin. Makanan kaya akan purin ini termasuk beberapa jenis makanan laut, sayuran, dan daging. 


Dikutip dari Healthline, 11/03/2019, makanan yang harus dikurangi atau dihindari untuk asam urat adalah babi, daging domba, jeroan, daging sapi muda, ikan, kerang, jamur, bunga kol, kacang hijau, dan kacang kering.


Penelitian terkini menunjukkan bahwa gula juga bisa menjadi penyebab potensial naiknya kadar asam urat. Gula yang dituangkan ke makanan antara lain sirup jagung, gula meja, dan sirup jagung fruktosa tinggi.


Ingat, periksa selalu label makanan agar mengetahui jumlah gula tambahan. Konsumsi makanan yang utuh dan segar dan batasi makanan kemasan atau olahan.


Tidak ada komentar untuk "Berapa Kadar Asam Urat yang Normal? Ini Jawabannya! - Catatan Sehatmu"