18 Obat Herbal Alami & 4 Obat Asam Urat yang Disarankan Dokter - Catatan Sehatmu


Asam Urat Obatnya Apa


catatansehatmu.com - Mimpi buruk bisa hadir bagi penderita penyakit asam urat. karena jika datang nyeri tak tertahankan terasa dalam tubuh kita. Ada Kabar baik, kondisi seperti ini bisa diatasi dengan obat asam urat alami yang ada di rumah.


Biasanya cara mengatasi asam urat yang dilakukan adalah pengobatan dari dokter. Akan tetapi, ada waktunya seseorang bisa mengkonsumsi obat asam urat alami guna meringankan rasa nyeri penyakit asam urat.

PENYEBAB ASAM URAT BISA TERJADI

Penyebab Asam Urat Terjadi

Asam urat merupakan suatu situasi yang terjadi ketika ada timbunan sampah akibat proses penguraian zat purin yang tidak berhasil. Idealnya, asam urat dalam tubuh biasanya dibuang lewat feses atau urine. Akan tetapi, terkadang, jumlah asam urat yang terakumulasi justru lebih banyak.


Pada saat asam urat terkumpulkan, akan membentuk kristal asam urat dengan ukuran kecil. Tak hanya menumpuk di ginjal, asam urat bisa bermuara di persendian dalam tubuh.


Pada saat kristal tajam ini mulai masuk ke dalam lapisan lunak sendi, muncullah rasa nyeri yang tidak tertahankan. Penyebab asam urat bisa terjadi karena konsumsi makanan yang tinggi kadar purin, alkohol, berat badan yang berlebihan atau obesitas, diabetes, dan lainnya.


Pada situasi yang sangat parah, bagi penderita asam urat bisa sangat kesulitan melakukan aktivitas karena memicu rasa nyeri di berbagai bagian tubuh, seperti lutut, jari kaki, jari tangan, pergelangan kaki, telapak tangan dan telapak kaki.


OBAT ASAM URAT YANG DISARANKAN DOKTER

IDN Times Kaltim

Walaupun belum bisa disembuhkan secara penuh, akan tetapi penyakit asam urat bisa dikendalikan dengan penyelesaian yang tepat. Utamanya bisa menggunakan cara menangani penyakit asam urat yakni dengan obat-obatan.

Untuk meredakan rasa sakit dan mencegah risiko asam urat bisa dengan pemberian obat bertujuan agar tidak kambuh kembali. Obat yang biasa disarankan atau diresepkan dokter yakni colchicine dan obat antiinflamasi non steroid (OAINS).

Bukan hanya itu, dokter juga bisa memberikan obat-obatan untuk mengurangi kadar asam urat tinggi. Contohnya obat-obatan untuk penurun kadar asam urat ini adalah rasburicase, allopurinol, febuxostat dan probenecid.


Bagi penderita asam urat disarankan untuk mulai mengubah pola hidup, seperti teratur berolahraga dan menurunkan berat badan apabila mengalami obesitas.

Dokter akan memberikan resep atau anjuran obat medis untuk mengurangi penumpukan kadar asam urat dalam darah. Berikut ini adalah penjelasan obat dari dokter, diantaranya:


1. Allopurinol

Allopurinol merupakan salah satu jenis obat asam urat yang umum direkomendasikan oleh dokter untuk mengurangi tumpukan kadar asam urat dalam darah.

Biasanya, dokter akan meresepkan obat ini dalam dosis yang rendah lebih dahulu, yaitu mulai 100-300 mg setiap hari. Bila kadar asam urat masih tetap tinggi, maka dokter kemungkinan akan meningkatkan dosis obat ini.

2. Febuxostat

Febuxostat adalah obat asam urat yang memiliki fungsi untuk mengurangi penambahan jumlah asam urat yang dihasilkan tubuh.

Sama halnya seperti allopurinol, Dokter juga meresepkan febuxostat mulai dari dosis rendah terlebih dahulu, yaitu 80 mg setiap harinya. Tatkala diperlukan, kemungkinan dokter akan meningkatkan dosis obat ini.

3. Probenecid

Probenecid, ini juga merupakan salah satu jenis obat yang biasanya digunakan untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah.

Umumnya dosis awal probenecid yang diberikan dokter untuk mengobati asam urat yaitu 250 mg yang bisa diminum 2 kali dalam sehari. Bila kadar asam urat didalam darah masih tinggi, dokter kemungkinan akan meningkatkan dosis obat ini.

Bila terjadi serangan rasa nyeri asam urat secara tiba-tiba, obat antiinflamasi non steroid (OAINS) seperti naproxen, ibuprofen, dan indomethacin juga bisa untuk mengendalikan rasa nyeri pada persendian dan peradangan yang dihasilkan dari penyakit asam urat.

4. Rasburicase

Rasburicase merupakan obat berikutnya untuk pencegahan asam urat dengan kadar yang tinggi dalam darah pada anak-anak dengan kanker (limfoma, leukemia dan tumor ganas) yang hendak menjalani pengobatan kemoterapi.

Pada saat kemoterapi dilakukan, sel kanker ini akan dihancurkan, menghasilkan jumlah asam urat yang lebih banyak pada aliran darah. Dengan rasburicase, tubuh akan mengeluarkan asam urat melalui ginjal.

Rasburicase diberikan lewat suntikan pada vena, lazimnya dalamwaktub 30 menit, atau sesuai petunjuk dokter.

Rasburicase diberikan 1 kali sehari selama 5 hari. Dosis rasburicase penting diperhatikan dan waktu dari kemoterapi. Biasanya kemoterapi dimulai dalam waktu 4-24 jam sehabis dosis pertama dari rasburicase.

Obat ini juga membantu untuk menurunkan kadar asam urat, Cairan juga diberikan pada vena.


OBAT ASAM URAT ALAMI

Sebelum melakukan konsultasi atau berobat kepada dokter, terdapat beberapa obat alami asam urat yang dapat Anda minum untuk meringankan rasa nyeri hasil dari penyakit asam urat.


Obat asam urat alami ini bisa bekerja dengan cara menurunkan kadar asam urat dalam darah, sehingga dapat juga menurunkan bahaya terjadinya serangan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.:


1. Kopi

Kopi memiliki manfaat sebagai obat asam urat alami yang sudah didukung oleh banyak penelitian. Asam klorogenat merupakan kandungan dari kopi yang dapat meningkatkan pengeluaran asam urat lewat urine.

Bukan hanya itu, kopi juga dirasa bisa menghalangi kerja enzim yang menghasilkan asam urat, sehingga kadar asam urat darah dapat menurun.

Kendati demikian, pertimbangkan kembali penggunaan kopi bila Anda juga mempunyai kondisi kesehatan yang membuat Anda perlu mengurangi konsumsi minuman ini, contoh nya aritmia atau tekanan darah tinggi.

2. Buah kaya antioksidan

Buah-buahan yang memiliki warna kurang terang atau gelap seperti blackberry, raspberry, blueberry, dan anggur sangat membantu menjaga agar tinggi rendahnya kadar asam urat tetap terkendali.

Selain itu, buah ceri juga dinilai lebih ampuh menurunkan kadar asam urat, sekaligus mengurangi masalah serangan asam urat.

3. Makanan kaya vitamin C

Memakan makanan yang mengandung vitamin c dalam jumlah yang cukup bisa mengurangi tinggi rendahnya kadar asam urat dalam darah.

Vitamin c ini memiliki keistimewaan yang bisa meningkatkan pembuangan asam urat lewat urine, sehingga bisa menurunkan kadar asam urat dalam darah.

4. Akupunktur

Metode akupunktur ini dipercaya bisa mengurangi produksi asam urat dalam tubuh dan mencegah serangan rasa nyeri asam urat.

Akan tetapi, dibutuhkan penelitian lebih dalam tentang manfaat akupunktur sebagai obat asam urat alami. 

Meski demikian, manfaat akupunktur untuk mengurangi radang sendi dan sakit kronis telah dibuktikan, sehingga dapat bermanfaat untuk penderita penyakit asam urat.

5. Cuka apel 


Cuka apel merupakan salah satu obat asam urat alami yang dapat disiapkan di rumah. Betul, tidak hanya terkenal digunakan dalam wasilah perawatan kulit atau skincare, manfaat cuka apel rupanya juga bisa jadi obat asam urat alami. 


Diyakini bisa menjadi pembersih alami, cuka apel dapat membuang racun dari tubuh. Karena terdapat kandungan malic acid atau asam malat di dalamnya yang sangat bisa memecah komponen-komponen asam urat dalam tubuh.


Jadi, pada saat gejala nyeri asam urat kambuh, tidak ada salahnya untuk membuat minuman dari segelas air yang telah dicampurkan dengan satu sendok teh cuka apel. Konsumsi cuka apel guna menjadi obat asam urat alami ini dapat dilakukan setiap hari.


6. Jahe


Jahe merupakan obat asam urat alami selanjutnya. Jahe adalah tanaman herbal yang diklaim bisa meredakan rasa nyeri akibat peradangan pada penderita asam urat. 


Penelitian yang pernah dilakukan terhadap hewan percobaan menghasilkan bahwa jahe bisa digunakan untuk obat topikal menghilangkan rasa nyeri sendi.


Jahe bisa digunakan sebagai obat alami asam urat. Prosesnya, pada sebuah baskom yang berukuran sedang, jahe segar diparut, terus campurkan hasil parut dengan air panas.


Setelah itu, kain bersih atau rendam handuk ke dalam parutan air jahe yang telah disiapkan tadi. Apabila sudah bersuhu suam-suam kuku air parutan jahe tersebut, langsung kompres tubuh yang terasa nyeri asam urat durasinya lebih kurang 15-30 menit. Anda bisa melaksanakannya sehari satu sekali.


Hal yang bisa dihasilkan dari jahe sebagai obat alami lainnya yakni membuat minuman teh jahe. Anda dapat mencampurkan jahe segar dan air hangat, terus menikmati seduhan air jahe ini bisa diminum tiga kali dalam sehari.


7. Apel


Kemudian obat alami asam urat ada buah apel yang dapat menjadi obat asam urat alami. Kandungan asam malat atau malic acid, persis seperti cuka apel, yang bisa mengatasi rasa nyeri asam urat. 


Sebelum mengonsumsi apel, cuci bersih kulitnya dengan baik dan benar karena bisa saja masih ada bahan kimia atau pestisida yang menempel.


8. Air lemon


Air lemon juga bisa dijadikan salah satu obat alami asam urat loh. Karena dapat membantu membuang timbunan sampah asam urat bisa dihilangkan oleh air lemon. 


Kandungan dalam lemon yakni citric acid yang secara pelan-pelan bisa mengatasi rasa nyeri asam urat. Vitamin C yang di dalamnya juga memiliki potensi membantu mengurangi kadar asam urat dalam darah.


Cara konsumsi air lemon yang digunakan untuk obat asam urat tradisional, Anda dapat tambahkan lemon yang sudah diiris ke dalam segelas air. Cara ini dapat dilakukan setiap hari.


9. Teh hijau


Teh hijau dapat juga menjadi obat asam urat alami. Di dalamnya terdapat kandungan yang membantu mengendalikan kadar asam urat dalam darah. Hal ini juga dapat dilakukan bilamana Anda ingin mencegah asam urat kambuh.


10. Soda kue


Soda kue memiliki banyak manfaat, soda kue ternyata juga bagus untuk menjaga kandungan alkaline alami didalam tubuh. Artinya, timbunan asam urat dapat lebih mudah dibuang melalui ginjal.


Dalam mengkonsumsi soda kue untuk obat asam urat tradisional, Anda dapat menambahkan soda kue sebanyak 1 ½ sendok teh ke dalam segelas air. Setelah itu, minum kurang lebih empat gelas per hari dalam rentang waktu 2 minggu. 


Ini tergolong cara aman untuk penderita asam urat. Akan tetapi, tidak disarankan untuk penderita darah tinggi atau orang yang sudah berusia di atas 60 tahun.


11. Minyak zaitun


Minyak zaitun yang biasa disimpan di dapur Anda juga dapat menjadi obat asam urat alami. kaya akan kandungan vitamin E dan antioksidan yang dapat mengatasi peradangan. Tidak hanya itu, manfaat vitamin e juga sangat penting perannya dalam mengontrol kadar asam urat dalam tubuh.


12. Buah-buahan beri


Sudah dari dulu buah-buahan beri, seperti blueberry, strawberry, raspberry dan blackberry diketahui memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. 


Hasil penelitian dari University of Maryland menyatakan bahwa buah-buahan berry merupakan pilihan yang bagus untuk obat asam urat alami. 


Kandungan anthocyanins di dalamnya bisa mengurangi peradangan yang menyebabkan kambuhnya rasa nyeri asam urat.


13. Biji seledri


Biji seledri bisa digunakan untuk obat asam urat alami, biji seledri dan ekstraknya dapat menjadi pilihan. Hal ini karena seledri dipercaya mempunyai sifat antibakteri yang bisa mengatasi peradangan. 


Namun, biji seledri sebagai obat alami asam urat masih perlu membutuhkan penelitian lebih dalam lagi untuk membuktikan keefektifannya. 


14. Teh jelatang


Teh jelatang bisa digunakan sebagai obat asam urat tradisional. Teh jelatang ini berasal dari tanaman jelatang (Urtiora dioca). Salah satu jenis tanaman herbal sebagai obat asam urat ini dipercaya mampu mengatasi peradangan dan rasa nyeri penyebab asam urat. 


Anda dapat mengonsumsi teh jelatang untuk obat tradisional asam urat dengan cara merebus 1-2 sendok teh jelatang. Setelah itu, teh jelatang ini diminum 3 gelas per hari.

 

Akan tetapi, manfaat teh jelatang untuk obat alami asam urat masih perlu membutuhkan penelitian lebih dalam lagi untuk membuktikan efektivitasnya. 


15. Kembang sepatu


Kembang sepatu ternyata memiliki manfaat yang bisa dijadikan untuk obat tradisional asam urat. Sebuah hasil dari penelitian menerangkan ternyata bunga kembang sepatu bisa menurunkan kadar asam urat dalam darah. 


Akan tetapi, penelitian ini masih dilakukan terhadap hewan uji sehingga perlu membutuhkan penelitian lebih dalam lagi untuk memahami kemanjurannya pada manusia. 


16. Bunga dandelion


Ekstrak, teh atau suplemen bunga dandelion dipercaya bisa menjadi obat tradisional asam urat. Hasil penelitian yang dilakukan menerangkan bahwa bunga dandelion diyakini bisa menurunkan kadar asam urat dalam darah pada penderita yang berisiko mengalami sakit ginjal. 


Namun, bunga dandelon obat asam tradisional ini belum bisa dibuktikan kemanjurannya pada manusia. Sebab, hasil dari penelitian yang ada masih terbatas pada hewan uji. 


17. Pisang


Pisang merupakan buah yang kaya akan kandungan kalium. Kalium diketahui bisa membantu mengurangi nyeri asam urat dan memastikan organ tubuh serta jaringan berfungsi lebih baik.


Meski demikian, pisang juga memiliki kandungan fruktosa yang dapat memicu asam urat. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak mengkonsumsi pisang secara berlebihan.


18. Garam epsom


Garam epsom seringkali dipakai sebagai pencegah serangan asam urat. Kemampuan tersebut tidak lepas dari kandungan magnesium yang terdapat di dalamnya. Untuk meredakan gejala nyeri asam urat, caranya adalah campurkan 1 bahkan 2 cangkir garam epsom ke dalam bak mandi, setelah itu bisa berendam di dalamnya.

Tidak ada komentar untuk "18 Obat Herbal Alami & 4 Obat Asam Urat yang Disarankan Dokter - Catatan Sehatmu"